Minggu, 18 Januari 2015

TUJUAN DAN TUGAS POKOK GERAKAN PRAMUKA


Tujuan dan Tugas Pokok Gerakan Pramuka
Tujuan gerakan Pramuka seperti yang tercantum dalam Anggaran Dasar Gerakan Pramuka pasal 4 yang berbunyi Gerakan Pramuka mendidik dan membina kaum muda Indonesia dengan tujuan agar mereka menjadi :
a.    Manusia berkepribadian, berwatak dan berbudi pekerti luhur yang :
1.    Beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, kuat mental dan tinggi moral
2.    Tinggi kecerdasan dan mutu keterampilannya;
3.    Kuat dan sehat jasmaninya.
b.    Warga Negara Republik Indonesia yang berjiwa pancasila dan patuh pada Negara kesatuan Republik Indonesia serta menjadi anggota masyarakat yang baik dan berguna yang dapat membangun dirinya sendiri secara mandiri serta bersama-sama bertanggung jawab atas pembangunan bangsa dan Negara, memiliki kepedulian terhadap sesama hidup dan alam lingkungan, baik lokal, nasional, maupun internasional.
Gerakan Pramuka mempunyai tugas pokok menyelenggarakan kepramukaan bagi kaum muda guna menumbuhkan tunas bangsa agar menjadi generasi yang lebih baik, yang sanggup bertanggung jawab dan mampu membina serta mengisi kemerdekaan nasional.
Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya bahwa kepramukaan adalah proses pendidikan luar lingukungan sekolah dan diluar lingkungan keluarga dalam bentuk menarik, menyenangkan, sehat, teratur, terarah, praktis yang dilakukan, di alam terbuka dengan menggunakan prinsip dasar dan metode kepramukaan yang sasarannya adalah pembentukan watak.
Dalam pelaksanaannya Gerakan Pramuka berpedoman pada Anggaran Dasar yang terbaru yang dipakai sebagai landasan gerakan kepramukaan adalah Keputusan Presiden RI nomor 34 Tahun 1999. Anggaran Rumah Tangga sebagai landasan operasional termaktub dalam Keppres. Nomor 107 Tahun 1999. Sedangkan landasan idiel adalah Pancasila, landasan konstitusinya adalah UUD 1945 dan sebagai landasan morilnya adalah kode kehormatan berupa janji yaitu Dwi Satya dan Tri Satya dan ketentuan moral yaitu Dwi Darma dan Dasa Darma.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar